Biar Glowing Moist Skin, Yuk Kenali Penyebab Kulit Yang Kurang Sehat

Biar Glowing Moist Skin, Yuk Kenali Penyebab Kulit Yang Kurang Sehat

Kulit kusam dan kering merupakan masalah yang terjadi ketika lapisan epidermis (lapisan kulit paling atas) tidak mendapat kelembapan yang cukup sehingga, akan terlihat kehilangan cahayanya, seperti bersisik, pecah-pecah hingga mengelupas di beberapa bagian.

Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, namun yang paling sering menyerang bagian tangan, kaki dan area terbuka. Selain itu, masalah ini bisa menimpa siapa saja, mulai dari usia muda hingga tua, meski dalam kebanyakan kasus menyerang orang yang berusia di atas 30 tahun.

Masalah kulit yang terlihat kusam dan kering sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya:

  • Cuaca sangat panas dan menyebabkan kamu kehilangan cairan tubuh hingga memicu dehidrasi, atau saat cuaca sangat dingin ketika kelembaban udara menurun.
  • Paparan sinar matahari berlebih. Ini terjadi utamanya kepada kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, dan sering terpapar sinar UV tanpa perlindungan.
  • Terlalu sering dan lama mandi dengan air hangat. Hal ini terjadi karena air hangat bisa menyebabkan kelembaban alami kulit terkikis.
  • Penggunaan sabun dan deterjen yang keras, terutama sabun-sabun yang menggunakan zat kimia berbahaya, mendapat campuran parfum secara berlebih dan lainnya.
  • Tidak memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Seperti dijelaskan di atas, dehidrasi bisa memicu kulit menjadi terlihat kusam dan kering.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat anti-jerawat atau pembersih wajah yang mengandung alkohol berlebih, obat yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan benzoil peroksida.

Resiko masalah kulit kering dan kusam ini main meningkat ketika kamu tinggal di daerah atau wilayah beriklim sangat dingin, kering, dengan kelembapan udara yang rendah, dan terlalu sering berenang di kolam yang mengandung klorin.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Dikutip dari KAO Life Academy, kulit kusam dan kering sebenarnya bukan masalah besar. Untuk mengatasinya, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah dengan menjauhi beberapa faktor penyebabnya, misalnya dengan melindungi tubuh dari paparan sinar UV, dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan pelembab atau body lotion yang mengandung moisturizer. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau jenis minyak esensial lainnya sebagai pengganti body lotion agar kelembaban alami kulit bisa segera kembali.

Trik lainnya yang tidak kalah penting adalah, pastikan kamu menggunakan produk sabun mandi dengan kandungan moisturizer, minim busa dan minim parfum. Salah satu contoh produk yang paling direkomendasikan adalah Biore Body Foam.

Produk sabun mandi ini hadir dengan inovasi baru New Moisture Care dan  Mineral Foam, yang tidak hanya sekedar membersihkan kulit hingga ke bagian pori-pori terdalam, tapi juga dapat membantu merawat kulit agar tetap lembab, Glowing Moist Skin. Selama mandi dengan menggunakan Biore Body Foam, kamu tidak perlu menggosok kulit terlalu keras. Hanya cukup diusap lembut saja dengan spons mandi, kotoran akan terangkat sempurna, kulit kusam dan kering pun akan langsung teatasi.

Lagian menggosok kulit terlalu keras akan menyebabkan kelembaban alami kulit ikut terangkat. Hal yang sama berlaku saat handukan. Kebiasaan menggosok-gosok tubuh dengan handuk akan membuat kulit mudah iritasi, cukup ditepuk-tepuk saja hingga kering.