Cara Dan Tips Terbaik untuk Anda Mulai Bermeditasi

Cara Dan Tips Terbaik untuk Anda Mulai Bermeditasi

Jika seseorang memberitahu Anda bahwa meditasi melibatkan menjernihkan pikiran, mungkin sulit untuk memulainya. Bagaimana Anda menjernihkan pikiran, tepatnya? Jika, seperti kebanyakan orang, mencoba untuk tidak memikirkan apapun hanya menghasilkan lebih banyak pemikiran, maka Anda akan merasa kurang bersemangat begitu Anda mulai. Namun, jika Anda berfokus pada sesuatu seperti nafas, pikiran Anda akan lebih mudah memudar.

Ada alasan mengapa begitu banyak latihan meditasi melibatkan pernapasan Anda. Itu hal yang aneh. Tidak seperti detak jantung Anda, Anda dapat mengontrol nafas dengan cepat dan mudah. Namun, jika Anda tidak secara sadar mengendalikannya, pikiran bawah sadar Anda mengambil alih dan bernafas untuk Anda.

Anda dapat menganggap pernapasan Anda – kecepatan dan kedalamannya – sebagai produk dari pikiran sadar dan tidak sadar. Itu adalah jembatan antara dua pikiran. Karena meditasi adalah tentang melepaskan kendali sadar ke pikiran bawah sadar Anda, ini adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Bahkan jika Anda hanya mengamati pernapasan Anda, Anda akan belajar lebih banyak tentang diri Anda sendiri daripada kebanyakan orang. Tubuh Anda membutuhkan udara segar dan bersih – dan lebih banyak lagi selama krisis. Jika Anda menyadari bahwa Anda sedang menelan oksigen, maka tubuh Anda sedang stres. Anda mungkin merasa baik-baik saja, mungkin karena Anda pernah merasa seperti ini selama beberapa waktu, tetapi Anda kelelahan.

Jika pernapasan Anda lambat, dalam, dan mantap, itu berarti Anda rileks. Tubuh Anda tidak bertujuan untuk mendapatkan serangan cepat tetapi sebaliknya memastikan bahwa setiap bagian dari Anda menerima oksigen yang dibutuhkannya.

Proses ini bekerja dua arah. Sama seperti keadaan pikiran Anda yang mempengaruhi pernapasan Anda, begitu pula pernapasan Anda mempengaruhi keadaan pikiran Anda. Jangan pikirkan tentang kecepatan atau kedalamannya saat ini. Jika Anda ingin rileks dan mengalami trans meditasi, perlambat dan tingkatkan pernapasan Anda sedikit. Bahkan perubahan kecil memberi tahu pikiran batin Anda bahwa Anda sedang dalam keadaan rileks.

Berfokus pada pernapasan Anda memberi pikiran Anda sesuatu untuk dilakukan. Jika Anda baru mengenal meditasi (atau bahkan cukup berpengalaman) ini akan membantu. Memikirkan apa-apa sering kali mengarah pada pemikiran tentang bagaimana Anda memikirkan tentang apa-apa, yang tidak membantu. Tetapi jika Anda membiarkan napas Anda menguasai perhatian Anda sepenuhnya, Anda dapat menjernihkan pikiran dan merilekskan tubuh Anda pada saat yang bersamaan.

Jika Anda pernah merasa bosan saat memperhatikan pernapasan Anda, berarti Anda tidak terlalu memperhatikan. Luangkan waktu sejenak untuk menarik dan membuang napas melalui hidung. Perhatikan sensasi setiap tarikan dan hembusan nafas di sekitar lubang hidung Anda. Fokus pada perbedaan halus di setiap siklus.

Tidak butuh waktu lama sebelum Anda menuju keadaan meditasi.

Berfokus pada pernapasan Anda juga penting untuk self-hypnosis. Itu salah satu dari banyak teknik untuk memasuki kondisi trance dan menstabilkannya. Dari sana, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan, apakah itu mengakses keadaan kreatif, bersantai, atau sekadar bersenang-senang.

Jika Anda belum pernah menghipnotis diri sendiri sebelumnya, Anda akan terkejut dengan betapa cepat, mudah dan indahnya hal itu. Lihat bagaimana Anda dapat bekerja dengan pikiran Anda sendiri di sini: