Cara Memilih Jasa Keuangan Online Saat Terdesak Kebutuhan

Cara Memilih Jasa Keuangan Online Saat Terdesak Kebutuhan

Di era serba digital seperti sekarang ini, segala macam aktivitas dapat dengan mudah dilakukan. Teknologi masuk kedalam setiap aspek bisnis dan sendi-sendi masyarakat, mulai dari ekonomi, kesehatan, marketing, finansial dan banyak lagi.

Saya sendiri sebagai bagian dari masyarakat merasakan bagaimana dampak kemajuan teknologi memudahkan saya dalam berinteraksi, berusaha bahkan disaat-saat genting terkait masalah dengan finansial.

Keuangan memang tak selamanya lancar, kadang pasang kadang pula surut. Banyak hal yang melatari kenapa seseorang memiliki masalah keuangan. Mulai dari gaya hidup yang tidak imbang dengan pemasukan, kebutuhan mendadak yang tidak direncanakan dan lain sebagainya.

Jika sudah begini mau tak mau kita harus putar otak dan mencari alternatif darimana bisa mendapatkan uang dengan cepat yang minim resiko. Biasanya saat sudah seperti ini saya gunakan jasa pinjaman yang bisa diakses secara online.

Jasa layanan keuangan yang ada saat ini terbilang cukup banyak, baik itu yang berupa konvensional maupun online. Beberapa tahun terakhir ini, melakukan pinjaman dana cepat secara online terbilang cukup popular dan lebih menghemat waktu.

Hal ini lantaran proses pengajuan pinjaman hingga pencairan dana yang relatif lebih cepat dan mudah. Namun meskipun begitu, banyak orang yang meminjam dana secara online di tempat yang salah. Sehingga tak sedikit kerugian yang harus ditanggung.

Meminjam dana secara online memang terbilang cukup menggiurkan karena proses dan persyaratannya yang mudah. Sehingga memang tidak perlu menunggu waktu lama agar pengajuan dana yang dibutuhkan bisa segera cair.

Namun meskipun kamu terdesak kebutuhan sekalipun, ada baiknya tidak gegabah dalam memilih layanan jasa keuangan yang tersedia secara online tersebut. Karena tidak sedikit situs layanan pinjaman dana online saat ini ada yang tidak bertanggungjawab.

Bahkan ada beberapa diantaranya yang menjerat korbannya dengan iming-iming kemudahan dalam tatacara peminjaman, namun imbasnya mereka yang sudah menjadi korbannya dikenakan berbagai tuntutan yang tidak wajar. Seperti bunga pinjaman yang tidak wajar, penyalahgunaan data pribadi peminjam, dll.

Nah, tentu hal ini sungguh mengerikan jika terjadi pada salah satu diantara kita. Karena pastinya niat awal meminjam dana secara online untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, bukan untuk didesak dengan berbagai hal yang merugikan. Agar hal demikian tidak terjadi pada kamu, berikut ini ada beberapa tips mencari pinjaman dana tunai yang cepat secara online yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Pastikan layanan pinjam dana online tersebut sudah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Lembaga jasa keuangan online yang sudah terdaftar di OJK menandakan jika lembaga keuangan tersebut sudah aman dan terpercaya. Karena OJK merupakan pihak yang berwenang mengatur san mengawasi aktivitas lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui situs online yang bersangkutan sudah terdaftar dalam OJK, kamu bisa melihat bagian bawah situs. Karena umumnya di bagian bawah keterangan terdaftar OJK tertera.

2. Pelajari biaya-biaya apa saja yang juga harus dibayarkan dari proses meminjam.

Sebelum meminjam, pelajari terlebih dahulu biaya-biaya apa saja yang menyertainya. Biaya yang dibebankan ini harus diberitahukan sejak awal, seperti biaya provisi, administrasi, denda, penalti, dll. Ada beberapa layanan pinjaman yang tidak mengenakan biaya provisi maupun administrasi. Hal ini tentunya lebih layak dipilih, namun tentunya lihat biaya lainnya juga.

Seperti denda misalnya, seharusnya dihitung per bulan. Namun ada pemberi pinjaman yang nakal dan merugikan mereka yang menjadi nasabahnya. Sedangkan untuk penalti juga perlu kamu cari tahu juga ada dan tidaknya. Jika ada, cari tahu bagaimana cara penghitungannya. Sebaiknya hindari pinjaman dana online yang meminta penalti dari total plafon, melainkan sisa plafon yang belum dibayar.

3. Perhatikan persyaratannya dengan baik.

Jika kamu menemukan persyaratan yang ganjil, seperti foto kartu kredit bolak-balik, maka sebaiknya urungkan untuk meminjam dana di lembaga jasa keuangan online tersebut. Karena nomor kartu kredit harus dijaga kerahasiaannya, terutama untuk tiga digit nomor yang ada di belakang kartu.

Sebab nomor tersebut digunakan sebagai alat validasi transaksi. Syarat aneh lainnya seperti harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan pinjaman sebaiknya juga dihindari, karena sudah jelas-jelas suatu penipuan.

4. Memiliki kredibilitas yang bagus.

Pastikan juga kamu mencari pinjaman dana cepat di lembaga jasa keuangan online yang sudah terpercaya kualitas pelayanannya. Dilihat dari bagaimana jasa keuangan online tersebut di mata konsumen atau nasabah, bagaimana pelayanannya, dll.