Cara Mengatasi Diare dengan Bahan Alami Yang Aman Untuk Digunakan

Cara Mengatasi Diare dengan Bahan Alami Yang Aman Untuk Digunakan

Gangguan pencernaan seperti diare bisa diderita oleh siapa saja dari bayi hingga orang dewasa, ketika mengalami diare akan mengalami beberapa gejala yang mudah dikenali dari ringan yang gejala berat dan bisa menimbulkan komplikasi penyakit.

Diare bisa menimbulkan gejala mulai dari perut mulas, frekuensi buang air besar yang sering, feses cair, kekurangan cairan, pusing, bahkan bisa mengalami BAB berdarah. Agar tidak terjadi resiko yang lebih berbahaya segera obati diare dengan mengonsumsi obat diare dengan bahan alami yang bisa membantu mengatasi penyakit diare yang lebih aman seperti berikut ini:

  • Air putih

Saat mengalami diare juga akan kehilangan banyak cairan di dalam tubuh. Hal tersebut juga akan menimbulkan gejala diare yang lebih parah hingga mengalami dehidrasi berat dengan komplikasi penyakit lainnya. Oleh karena itulah bagi kamu yang ingin mengobati diare dengan alami juga perlu mencegah terjadinya dehidrasi.

Konsumsi cairan yang banyak karena hal tersebut juga bisa menjadi obat diare dan juga mencegah dehidrasi secara maksimal. Tingkatkan porsi cairan yang diminum secara pelan-pelan yaitu 1 liter per jamnya selama 1-2 jam. Jangan lupa pilih cairan yang sehat seperti air putih, air kelapa, dan minuman isotonik. Walaupun sama-sama cairan, tetapi hindari alkohol dan kopi yang justru akan membuat diare menjadi lebih parah.

  • Oralit

Cairan selanjutnya yang bisa diminum untuk menghindari dehidrasi berat ketika diare adalah oralit. Karena banyak buang air besar lebih sering, hal tersebut juga membuat kehilangan banyak cairan tubuh. Sehingga bisa membuat nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh ikut hilang ketika diare. Untuk mengganti cairan tubuh dengan lebih baik, bisa juga mengkonsumsi minuman oralit yang bisa dibuat di rumah.

Manfaat utama dari minuman oralit adalah dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena diare. Bahan membuat oralit juga sangat mudah yaitu air putih, garam, dan gula. Jangan lupa membuat oralit dengan takaran yang benar dan perhatikan dosis dan waktu aman mengkonsumsi oralit tersebut untuk membantu mengatasi diare.

  • Teh jahe

Obat alami ketiga untuk membantu mengobati diare sehingga bisa sembuh lebih cepat adalah teh jahe. Bahan jahe dikenal mempunyai manfaat untuk membuat perut lebih tenang dan mengatasi masalah pencernaan. Hal tersebut didapatkan karena jahe mempunyai sifat anti nyeri, antibakteri, dan anti radang dengan kandungan oksidan yang tinggi.

Sehingga hal tersebut bisa membuat perut lebih tenang ketika mengalami kram dan tidak nyaman karena diare. Jahe juga mempunyai manfaat untuk memperlambat pertumbuhan e coli yang merupakan penyebab seseorang mengalami diare. Untuk membuat teh jahe cukup mudah yaitu potong jahe, rebus dengan air dan mencampurkannya menggunakan teh, lemon, atau madu untuk dinikmati.

  • Lada putih

Lada putih merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan juga untuk mengamati diare secara alami dan aman. Lada putih mempunyai kandungan yang dapat mengobati sakit perut, diare, dan kolera karena kandungan pipelines yang ada di dalamnya. Manfaat bahan tersebut dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh termasuk untuk bayi di bawah 2,5 tahun.

  • Cuka apel

Bahan lainnya untuk mengobati diare yang mudah ditemukan di rumah dan merupakan obat herbal adalah cuka apel. Hal tersebut karena jenis ini mempunyai sifat antibiotik alami sehingga bisa menghancurkan bakteri yang menyebabkan diare yaitu Salmonella dan E.coli. Sehingga menggunakan cuka apel dapat membantu untuk menyembuhkan diare karena infeksi bakteri.