Cara Menjaga Keawetan Mainan Action Figure

Cara Menjaga Keawetan Mainan Action Figure

Mainan action figure adalah salah satu jenis mainan yang diinginkan oleh anak-anak. Mainan yang berbentuk menyerupai karakter pahlawan film ini sangatlah digemari sejak dulu hingga sekarang, terutama oleh para kolektor mainan. 

Saat ini ada beberapa karakter yang sedang sangat populer, contohnya seperti karakter Minion, Star Wars, Iron Man, Transformer, Thor, Naruto, Big Hero 6,dan masih banyak lagi.

Bagi anak-anak, bermain dengan mainannya memang sangat mengasyikkan, namun mereka terkadang tidak mengerti cara merawat mainan kesayangan tersebut dan bahkan cenderung mengabaikannya setelah bermain. Seperti menggigitnya, memainkannya di tanah, menginjak-injaknya, membantingnya, memasukkannya pada makanan, atau bahkan membenturkannya dengan mainan lain. 

Atau bagi para kolektor, membiarkan karakter-karakter kesayangannya terpajang di atas meja di pojokan kamar, membuatnya menjadi berdebu atau bahkan berubah warna karena waktu. Hal inilah yang membuat para orang tua atau para kolektor harus bisa merawat para mainan tersebut.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menjaga keawetan mainan action figure tersebut. Para orang tua dan para kolektor harus rela menyempatkan sedikit waktunya untuk membersihkan dan merapikannya.

Pertama, membersihkannya dari kotoran-kotoran yang menempel, entah debu atau noda seperti cat yang sulit hilang, dengan cara:

  1. Gunakanlah kemoceng, vacuum cleaner mini, atau cotton bud untuk membersihkan kotoran ringan seperti debu.
  2. Mengelap lah dengan air biasa sesekali waktu agar debu-debu yang menempel dapat hilang dengan tuntas.
  3. Gunakanlah sedikit alkohol yang diteteskan pada kapas atau cotton bud untuk menghapus noda seperti cat yang tidak bisa dibilas dengan air biasa.
  4. Gunakanlah silicone (pengkilap motor dan helm) untuk membuat mainan tampak mengkilap setelah dibersihkan dengan baik.

Kedua, tatalah mainan-mainan tersebut dengan baik dengan mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Hindarkan mainan dari paparan cahaya matahari langsung. Cat mainan jenis ini seiring waktu akan menjadi kusam, pudar atau bahkan mengelupas. Namun hal ini bisa dicegah dengan menghindarkan dari cahaya matahari.
  2. Jauhkan dari zat-zat kimia yang dapat merusak seperti minyak dan bensin agar tak mudah mengelupaskan warnanya. Hindarkan dari percikan api yang dapat melumerkan bagian mainan yang terbuat dari plastik.
  3. Letakkan di tempat yang tinggi dan jauh dari jangkauan anak-anak. Ini merupakan cara yang tepat agar mainan tidak terlalu sering tersentuh tangan. Berikanlah pada anak pada saat bermain saja.
  4. Tatalah koleksi mainan tersebut pada rak khusus mainan agar terlihat rapi dan tidak mudah kotor.

Terkadang, alasan mengapa banyak mainan action figure tidak awet ialah karena tidak pernah dibersihkan dan tidak ditata di tempat yang tepat. Maka, rawatlah mainan secara berkala agar tetap awet.