Cara Tepat Untuk Mengatasi Kesepian Pada Diri Kita Adalah ?

Cara Tepat Untuk Mengatasi Kesepian Pada Diri Kita Adalah ?

Seorang anak menonton saat seorang ibu memeluk putrinya dalam permainan mereka bersama. Seorang gadis remaja berjalan sendirian melewati sekelompok teman saat mereka tertawa dan berbicara bersama. Seorang pria muda mengesampingkan nilai-nilainya untuk menjadi bagian dari orang banyak.

Seorang ibu tunggal membalik halaman majalah saat dia melihat pasangan berjalan-jalan di taman. Seorang pria tua memetik bunga aster dan merenungkan lubang yang tersisa di hatinya karena kehilangan istri tercintanya. Kesepian adalah epidemi di seluruh dunia.

Ada kesepian dan kemudian ada kesepian patologis. Kita semua mengalami kesepian pada saat-saat sepanjang hidup kita ketika kehilangan orang yang dicintai, kehilangan hubungan, atau anak Anda menjauh untuk memulai hidupnya sendiri. Tapi kesepian patologis seperti jurang maut. Begitu kekosongan menguasai, tampaknya hampir tidak mungkin untuk dipenuhi dengan cinta.

Seperti cangkir bocor yang kehilangan air; lubang di hati penderita sepertinya tidak pernah sembuh. Tidak peduli berapa banyak orang yang berusaha membantu, rasa lapar akan terus menggerogoti orang tersebut setiap kali dia sendirian. Kekosongan semacam ini paling sering disebabkan oleh luka emosional yang dalam yang telah terjadi di masa kanak-kanak.

Ketika anak-anak tidak menerima kasih sayang dan penegasan yang memadai, mereka mendapati diri mereka kurang dalam harga diri, kepercayaan diri, dan tujuan saat mereka tumbuh. Mereka sering gagal dalam keterampilan sosial, pendidikan, dan stabilitas mental. Mereka mengalami kesulitan menerima kasih Tuhan dan mempertanyakan kepedulian-Nya bagi mereka. Semuanya membuat mereka menginginkan dan kesepian.

Meskipun bagi individu-individu ini, hubungan intim yang mendalam dengan Pencipta Semesta tampaknya mustahil, cara terbaik untuk menyembuhkan hati yang kesepian adalah mengembangkan hubungan yang erat dengan sang pencipta. Karena dia tahu bagaimana mengisi semua celah dan celah di mana kesepian mengintai. Dia berjanji bahwa Dia tidak akan pernah meninggalkan Anda atau meninggalkan Anda. 

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri keluar dari isolasi dan membangun persahabatan baru yang dapat merangsang dan memuaskan.

Berikut beberapa cara mengatasi kesepian:

  • Kenali apa yang menyebabkan perasaan kesepian Anda.
  • Identifikasi efek kesepian pada hidup Anda, baik secara fisik maupun mental.
  • Buatlah daftar penyesuaian potensial yang dapat terjadi pada diri Anda dan aktivitas Anda untuk memungkinkan lebih banyak interaksi sosial.
  • Carilah individu yang memiliki sikap, minat, dan nilai yang sama dengan Anda.
  • Kembangkan persahabatan baru dengan bergabung dalam kelompok-kelompok kecil seperti Pendalaman Alkitab, klub buku atau kelompok berjalan.
  • Menjadi sukarelawan untuk duduk di komite atau mencari opsi untuk melayani di komunitas Anda. Kesempatan ini bermanfaat dan bermanfaat bagi kesehatan emosional Anda saat Anda bertemu orang dan memupuk persahabatan dan interaksi sosial baru.
  • Belajar untuk melihat diri Anda sendiri sebagaimana Tuhan melihat Anda. Anda diciptakan dengan bakat, bakat dan ciri kepribadian yang unik yang akan menjadi berkat bagi orang lain.

Kesepian bisa diatasi; namun Anda harus berusaha secara sadar untuk membuat perubahan dalam rutinitas harian Anda. Berusaha mengubah cara Anda memandang aktivitas sosial, persahabatan, dan diri sendiri pada akhirnya dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat. Anda akan mengejutkan diri sendiri tentang bagaimana Anda mempengaruhi orang lain di sekitar Anda secara positif.