Tips Mudah Memilih Onderdil Motor Asli

Tips Mudah Memilih Onderdil Motor Asli

Membedakan onderdil motor yang asli atau palsu memang sekarang sedikit sulit di lakukan. Onderdil yang palsu ini tentu akan merugikan sang konsumen. Bagaimana tidak? Barang ini sengaja di buat dengan sedemikian rupa sehingga hampir mirip dengan barang yang asli.

Padahal bila di telisik secara harga, harga bisa jadi tidak berbeda jauh dengan yang asli. Namun, memang ada onderdil yang dibuat sebagai bahan pengganti orisinil, namun seringnya ia tidak di kemas dengan sangat identik, melainkan di kemas menggunakan merknya sendiri. Hal ini sering disebut sebagai KW.

Onderdil yang marak di buat palsu ini seperti filter udara, busi, rem, kampas, kabel, rantai, dan lain sebagainya. Untuk barang abal-abal sendiri terdiri dari berbagai macam kelas, mulai dari kelas 1, kelas ini biasanya di penuhi dengan berbagai barang pemesanannya mirip dengan aslinya, sehingga hanya tinggal diberikan stiker yang mudah untuk dicetak.

Untuk kelas 2, barang ini tidak begitu mirip dengan asli, perbedaannya pada bungkus ia sangat sulit di bedakan. Kelas ke 3, barang pada kelas ini biasanya barang yang memang sudah rusak dan tidak layak pakai namun di perbaiki dan di jual kembali. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan pembelian, lebih baik cermati dahulu.

Untuk membedakan onderdil motor yang asli, pertama Anda bisa melihat dari segi kemasan. Jangan mudah tertipu dengan berbagai kemasan yang unik bahkan warna yang tidak seperti biasanya. Jangan mudah percaya pula dengan kemasan yang mempunyai logo manufaktur sekalipun.

Kemasan yang asli biasanya mempunyai tulisan dan warna yang jelas. Salah satu bagian kemasannya juga tidak terdapat cacat. Karena di sini pembeli merupakan seorang raja. Anda mempunyai hak untuk bertanya lebih lanjut.

Kedua ialah harga. Untuk karakter pembeli yang berada di Indonesia memang hampir sama. Mereka mengidolakan harga yang sangat murah, akan tetapi kualitasnya harus bagus, harus awet bahkan memperoleh diskon.

Tipe pembeli yang seperti ini lah yang sangat mudah untuk di bohongi pedagang onderdil. Tidak bisa dipungkiri bila memang harga menjadi salah satu dari alasan mengapa banyak konsumen yang cenderung memilih salah satu onderdil.

Jika pedangan menawarkan harga yang miring untuk salah satu onderdil, Anda harus lebih teliti, boleh jadi onderdil yang mereka tawarkan ini palsu.

Ketiga, untuk memilih onderdil motor asli, Anda harus bisa meyakinkan untuk memilih garansi yang tidak muluk-muluk. Perhatikan garansi yang diberikan oleh sang penjual.

Seringnya suku cadang yang asli mempunyai garansi langsung yang berasal dari produsen yang bersangkutan seperti Suzuki, Yamaha, Kawasaki, Honda dan sebagainya. Akan tetapi jika toko memberikan garansi yang terlalu muluk, hal ini harus Anda waspadai lagi.