Yang Perlu Diketahui Seputar Proses Penyembuhan Luka Diabetes

Yang Perlu Diketahui Seputar Proses Penyembuhan Luka Diabetes

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang banyak ditakuti oleh banyak orang. Karena tidak hanya karena pola hidup yang tidak sehat, penyakit ini juga merupakan penyakit turunan. Sehingga hal tersebut membuat orang yang mempunyai warisan penyakit diabetes yang merupakan penyakit karena faktor keturunan.

Ketika mengidap penyakit diabetes sendiri mempunyai kerugian yaitu dapat untuk mempunyai luka yang lama kering sehingga harus dirawat dengan tepat. Anda harus memastikan untuk penyembuhan luka karena diabetes benar sembuh sehingga tidak akan menimbulkan infeksi yang berbahaya dan tidak diinginkan. Oleh karena itulah pastikan bahwa perawatan untuk luka yang dialami bagi penderita diabetes ditangani dengan tepat yang bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Bersihkan luka

Langkah pertama untuk perawatan luka diabetes adalah dengan membersihkan luka dengan baik. Ketika mengalami luka, penderita diabetes akan tidak sadar sehingga hal tersebut bisa terlambat karena menyadari luka ketika sudah parah. Oleh karena itulah penting untuk selalu mengecek keadaan tubuh apabila mempunyai luka yang dipunyai.

Ketika mempunyai luka, maka langkah pertama adalah dengan membersihkan luka yang dipunyai. Dimana cara yang bisa dilakukan adalah dengan segera dibersihkan menggunakan air mengalir dan sabun. Anda juga dapat mengoleskan antibiotik agar terbebas dari kuman dan membalut luka agar tidak kotor.

2. Mengurangi tekanan pada luka
Cara selanjutnya untuk penyembuhan luka akibat diabetes yang efektif adalah dengan mengurangi tekanan pada luka yang dialami. Ada beberapa cara yang bisa digunakan seperti misalnya dengan tidak menggunakan pakaian ketat. Sehingga ketika Anda mempunyai luka hindari untuk menggunakan pakaian ketat terlebih dahulu pada daerah luka

Sedangkan apabila luka terjadi di telapak kaki, maka gunakan bantalan yang dapat untuk membuat kaki lebih nyaman dan tidak terluka karena bantalan sandal atau alas kaki yang kasar. Berikan bantalan alas kaki yang empuk untuk digunakan agar dapat menghindari kerusakan luka diabetes.

3. Mengontrol gula darah
Selanjutnya yang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka diabetes adalah dengan mengontrol gula darah. Ketika sudah mengetahui tubuh terluka, maka jangan sekali-kali melakukan pantangan yang akan membuat kondisi luka menjadi lebih parah. Oleh karena itulah Anda bisa untuk mengontrol kadar gula darah agar dapat terkendali dengan baik yang juga membantu untuk membuat luka cepat sembuh.

Seperti misalnya cara yang bisa digunakan adalah dengan melakukan olahraga, menggunakan obat anti diabetes, melakukan suntik insulin, dan juga mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita diabetes.

4. Memenuhi asupan makanan
Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memenuhi asupan makanan yang akan dikonsumsi. Anda bisa untuk memperhatikan asupan harian sehingga kebutuhan tercukupi. Konsumsilah makanan yang mengandung kalori, lemak, zinc, vitamin C, serat, dan juga berbagai gizi lainnya yang juga akan merawat luka. Terutama protein yang mempunyai manfaat dapat untuk memperbaiki jaringan kulit dan tubuh pada penderita diabetes.

5. Menggunakan jasa perawat
Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat penyembuhan luka diabetes lebih cepat dan efektif adalah dengan menggunakan jasa perawat. Misalnya Anda bisa untuk menggunakan jasa perawat yang memang mempunyai kemampuan untuk merawat luka diabetes.

Sehingga nantinya penanganan dan perawatan yang dilakukan akan lebih efektif. Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa perawat luka diabetes yang dibutuhkan dari berbagai sumber, baik offline maupun online yang bisa menghadirkan care partners untuk datang ke rumah. Sehingga perawat tersebut dapat untuk merawat luka diabetes lebih baik dengan pengalaman yang dipunyai.